Monday, November 15, 2010

Optimalisasi Windows XP (lewat services.msc)

Sebenarnya sudah banyak yang membahas optimalisasi windows XP, kayaknya saya telat deh, apalagi sekarang sudah jamannya windows vista n sudah ada yang mencoba windows 7 termasuk saya yang mendapatkan windows 7 dari rental bajakan langganan, he he he…
Tapi, mengingat masih banyak yang menggunakan XP, maka saya yang telat ini mencoba untuk memberikan sedikit yang saya tau tentang optimalisasi Windows XP….

pernah buka services.msc???

Itu salah satu aplikasi di Windows XP yang mengatur program apa saja yang boleh/akan berjalan ketika windows sedang booting. Tapi, harap hati-hati, karena banyak pilihan menyesathkan yang bisa berakibat kompie kita ato kompie teman yang kita jadikan ajang percobaan jadi “rada aneh”. Langsung saja ya, disini saya hanya akan membahas beberapa fungsi dari fitur tersebut, yukkkk:

pertama-tama klik start –> run –> ketik “services.msc” –> enter

Akan keluar seperti gambar disamping.

Nah, disitu banyak sekali yang bisa kita atur sesuai dengan kehendak kita.

yang harus diperhatikan adalah di “Startup Type” ada pilihan “automatic“, “manual” dan “disabled“. automatic = mengaktifkan program pilihan, disabled = menonaktifkan program pilihan, manual = antara hidup dan mati, sesuai pilihan kita.

mari kita bahas satu-satu (yang menurut saya penting):

1. Alerter. Butuh bantuan peringatan dari kompie?? Kalo saya sih cukup peringatan dari weker buat bangun pagi, jadi saya matikan (disabled) fungsi ini.

2. Automatic Updates. Fitur ini akan meng-update secara otomatis program-program yang perlu diupdate. Kalo ndak suka dengan munculnya “Update Otomatis” yang cukup mengganggu, apalagi kalo antivirusnya Avira ato AVG, fyuhdari aplikasi apapun, mending matikan ajah.

3. Error Reporting Services. Melaporkan error yang terjadi kepada om microsoft, Ini ndak penting, matikan ajah.

4. Event Log. Saya ndak terlalu paham maksud dari fitur ini, tapi yang jelas ketika saya malpraktek di kompie teman dengan mematikan fitur ini, Driver VGA-nya langsung minta di install ulang, wa ka ka ka

5. Help n Support. Kalo bingung megang kompie seringnya nanya teman ato mbuka help n support??? kalo jawabannya “Nanya Teman” maka matikan ajah fitur ini.

6. Network *********. Kalo kompie terhubung dengan jaringan, biarkan fitur ini, tapi kalo ndak, matikan ajah.

7. Plug n Play. Nah, ini fitur favorit saya untuk berbuat jahat kepada orang yang layak dikasi pelajaran!!! Matikan fitur ini, maka segala macam barang yang tersambung ke kompie lewat USB ndak bakal jalan (Flash Disk, Printer, Kamera Digital, MP3/4, dll)!!!

8. Print Spooler. Punya printer? Biarkan hidup. Ndak punya? Matikan!

9. Remote Registry. Kalo fitur ini mengatur tentang Registry Editor (Regedit). Matikan, maka Regedit ndak bakal muncul.

10. Secondary Logon. Ini buat kompie yang punya user banyak (selain admin). kalo dimatikan maka jangankan membuka akun lain, mbuat akun aja ndak bakal bisa.

11. Server. Fitur ini hubungannya sama network juga.

12. Task Scheduler. Sering menulis jadwal di kompie buat mengingatkan kita akan kegiatan tertentu? Kalo iya biarkan hidup. Kalo ndak, matikan ajah.

13. Telephony. Untuk mereka yang sering menggunakan chat webcam + Microphone ato telefon-an lewat net, biarkan layanan ini hidup. Tapi kalo ndak matikan ajah.

14. Web Client. Fitur ini gunanya untuk mengedit ato membuat/mengedit file web/html/dll. Kalo ndak pernah nguthak athik file web dimatikan ajah ndak apa-apa.

15. Windows Audio. Ini juga fitur favorit saya, Matikan…maka suara kompie ndak bakal bisa keluar, heh heh heh.

16. Windows Installer. Matikan fitur ini, trus coba install aplikasi/program yang anda punya, saya jamin ndak bakal bisa pernah tak praktekkan di kompie ******* buat nge-tes dia biar kapok, ha ha ha.

17. Wireless Zero Configuration. Kalo laptop hidupkan fitur ini, kalo kompie dimatikan boleh, yang jelas fitur ini mengatur tentang boleh ato tidaknya aplikasi dan peripheral wireless berfungsi (mis: menggunakan layanan G-SpotHotspot, ato untu biru Bluetooth).

Nah, untuk fungsi yang lain silahkan uthak athik sendiri, yang jelas, kalo misalnya kompie kita tidak tersambung dengan suatu jaringan komputer, matikan aja tu fungsi yang ada kaitannya dengan network, ntar kan kompie nya jadi lebih cepat berlari n tidak tersedak…yang jelas, lebih ringan n optimal….

Terakhir, seluruh penjelasan diatas saya peroleh berdasarkan pengalaman dan percobaan saya pribadi, kalo pengen mendapatkan penjelasan lebih lanjut silahkan baca di buku-buku tentang optimalisasi Xp, banyak kok….Hampir lupa,services.msc hanya ada di WINDOWS XP PROFESIONAL, kalo WINDOWS XP HOME EDITION ndak ada fitur ini..

Silahkan mencoba dan jangan lupa berdoa ya...

0 comments:

Post a Comment